Monday 30 September 2013

Membuat Lampu Tidur

               
Awalnya ini hanyalah tugas saya pada saat masuk menjadi maru (sebutan untuk mahasiswa baru) di UNS.  Setelah menyelesaikan registrasi ONDESK dan cek kesehatan saya sudah disodori tugas-tugas berat oleh kakak2 tingkat. Tugas2 itu salah satunya adalah membuat lampu tidur. Akhirnya saya berpikir untuk membuatnya dari botol air mineral  bekas. Saya persiapkan bahan2nya :
   1.       sandal karet bekas,
   2.       botol air mineral plastik,
   3.       lampu elektra 5 watt+pitingan dan kabelnya,
   4.       kertas marmer atau yang sejenis,
   5.       plaster,
   6.       plastik mika warna merah atau yang lainnya,
dan alat-alatnya : cutter, gunting, lem, spidol/bolpoin/pensil,
semua itu tak otak atik hinga jadi, jadi ra genah..hehe (tidak jelas).. tapi hasil akhirnya lumayan kok..he
Buat kerangkanya :


Oke, kita kembali lagi,
Cara pembuatannya yaitu :
     1.      potong badan botol air plastic mineral itu dg cutter pada bagian atas dan bawah. Sisakan sedikit pada   bagian tutup botol yang cembung untuk nanti dijadikan kakinya.
     2.       Gabungkan potongan yang tadi itu dengan badan  botol yang telah dipotong. Posisinya bertolak belakang sehingga nanti badan botol bisa berdiri.
     3.       Sumbat dengan potongan sandal karet dan buatlah lubang untuk tempat lampu. Lakukan sekreatif kalian hingga nantinya jadi kerangkanya. Saya hanya bisa menjelaskan secara umum. Hal ini mudah kok, hanya butuh imajinasi kalian dan sedikit mengutak-atik bahan2 diatas. Saya yakin dengan kesungguhan temen2, pasti jadi yang lebih bagus dan luar biasa.
    4.       Pasangakan lampu kedalam botol dan pastikan lampunya menyala.
    5.       Jika sudah jadi, maka bungkus dengan kertas marmer yang telah di gambar dan dihias. Terserah temen2 mau mengisinya dengan apa. Kebetulan punya saya tak gambar tulisan kaligrafi arab dan bismillah. Itu saya lakukan dengan seperti melubangi kertas, tetapi kaya mengukir di atas kertas dengan pola2 yang sudah digambar.
6.       Temen2 boleh menghias kertas pembungkusnya dengan apa saja, sesuka hati kalian maunya apa.

Ingat! Semua bahan2  itu mudah didapat dan diolah sendiri menurut pemikiran temen2 sendiri. Langkah2 tersebut hanyalah cara yang saya lakukan. Saya yakin temen2 pasti lebih mahir dan kreatif. 


No comments:

Post a Comment